К основному контенту

Wikileak

Belakangan ini wikileak menjadi bahan perbincangan yang hangat di seantero dunia karena menerbitkan berita dokumen rahasia milik negeri adidaya AS. Beberapa jaringan internet heboh ketika WikiLeaks melansir video penembakan warga sipil oleh tentara Amerika Serikat. Video ini kemudian diketahui terjadi di Baghdad, Irak pada tahun 2007. 


"Ketika itu, Helikopter Apache milik tentara Amerika sedang dalam perjalanan untuk membantu rekannya yang terlibat dalam baku tembak. Helikopter ini mengidentifikasi warga sipil yang kemudian diketahui wartawan Reuters sebagai salah satu militan. Sontak awak helicopter langsung meluncurkan serangan membabi buta terhadap warga sipil tersebut. Serangan ini mengakibatkan tujuh warga sipil tewas"
Dua puluh empat jam setelah video berdurasi 17.47 menit ini masuk di YouTube, sebanyak 1,3 juta orang telah melihatnya. 
sebenarnya pemberitaan-pemberitaan wikileak tentang dokumen rahasia bukan kali ini saja. 

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.
Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange [foto], seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.
WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008. Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances, sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam "website yang benar-benar bisa mengubah berita".
Pada Juli 2010 yang lalu, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan.
source: wikipedia, konspirasi.com

Комментарии

Популярные сообщения из этого блога

Новинка 2017 года для отдыха детская одежда для мальчиков осень Проверено вязаный свитер футболка пальто Одежда для всех детей в возрасте от 5...

На возраст от 4 до для детей 10 лет дети & Крупные девушки вязаный пуловер, украшенный бисером свитер с круглым вырезом и юбки комплект из двух ...

Детский свитер для мальчиков 2019 г. осенне-зимняя Трикотажная хлопковая одежда для малышей Детский свитер кардиган для мальчиков от 3 до 10 ле...